Cara Mudah VLOOKUP Gambar dan Foto di Excel

Bagaimana cara VLOOKUP gambar atau Foto Di Excel? Artikel ini akan membahas bagaimana menggunakan fungi VLOOKUP supaya bisa digunakan untuk lookup Gambar. Oh iya, catatan ini melengkapi artikel sebelumnya mengenai cara Lookup Gambar menggunakan fungsi INDEX MATCH.

Dalam artikel Lookup Gambar dengan INDEX MATCH sudah dijelaskan bahwa sebuah objek gambar harus link ke referensi range supaya bisa menangkap visual range tersebut dalam bentuk picture link. Sedangkan output dari rumus VLOOKUP adalah berupa value, bukan referensi. Oleh karena itu, maka fungsi VLOOKUP tidak bisa berdiri sendiri jika hendak digunakan dalam lookup
Sebagai solusinya, maka kita bisa menggabungkan fungsi VLOOKUP dengan fungsi INDEX. Dalam rumus gabungan ini, fungsi VLOOKUP berperan untuk mencari nomor index baris. Kemudian tugas selanjutnya diserahkan ke fungsi INDEX. Mengapa fungsi INDEX? Karena fungsi index menghasilkan output berupa referensi cell.

Untuk lebih mudah memahami bagaimana cara kerja rumus VLOOKUP untuk gambar, mari kita simak penjelasan tips excel dan contoh berikut:

Bagaimana Cara VLOOKUP Gambar di Excel


Anggaplah kita sudah memiliki sejumlah foto atau gambar jenis-jenis  hewan seperti terlihat dalam screenshot di atas.

Database binatang tersimpan dalam sebuah tabel terdiri atas list hewan/binatang lengkap dengan nomor urutnya serta foto binatang terkait (lihat kolom A s/d C). Selanjutnya kita ingin menampilkan foto binatang yang dicari di sel F2 berdasarkan nama binatang yang diinput di sel E2. (lihat kolom E dan F).

Bagaimana caranya menggunakan fungsi VLOOKUP untuk  gambar / foto dan dimana kita bisa menempatkan rumus untuk mencari Photo.

Ikuti langkah-langkah berikut.

Supaya memudahkan dalam pembuatan dan pembacaan rumus, disarankan untuk memberi nama range yang akan dijadikan referensi yaitu:


  • Range A2:B5  = "listBinatang"
  • Range C2:C5 = "listFotoBinatang"
  • Range E2 = "namaBinatang"


Pemberian nama range bisa dilakukan dengan cara mem-block range yang akan diberi nama, misalnya A2:B5, kemudian nama range ("listBinatang") diketik pada name box yang posisinya terletak di sebelah kiri kotak formula, biasanya tepat di atas header kolom A.

Screenshot di bawah ini memperlihatkan bagaimana cara memberi nama pada range A2:B5 = "listBinatang"

Cara Memberi Nama Range di Excel


Kemudian lakukan cara yang yang sama untuk memberi nama range C2:C5  ("listFotoBinatang") dan sel E2 ("namaBinatang")
Mengenai pemberian nama range di excel, juga dapat dibaca  pada artikel Cara Memberi Nama Range Menggunakan Name Box.
Langkah berikutnya adalah membuat nama referensi untuk foto binatang yang nantinya akan dijadikan sebagai referensi dalam picture link.

Melalui tab Formula  → klik tombol Define Name

Cara Define Name Excel


Maka kemudian kita akan dibawa ke jendela New Name.

Pada field Name: ketikan "fotoBinatang", tentu saja tanpa tanda kutip
Setelah itu, pada field Refers To, copy paste atau ketik rumus di bawah ini :

=INDEX(listFotoBinatang,VLOOKUP(namaBinatang,listBinatang,2,0))

Cara Define Name untuk Data Validation di Excel


Selanjutnya klik OK.

Sekarang, saatnya kita menerapkan defined name yang sudah dibuat sebagai sebagai referensi picture link pada sebuah objek gambar sehingga objek gambar tersebut bisa memperlihatkan foto binatang tertentu.

Caranya: Buat obyek gambar baru dengan cara meng-copy salah satu gambar yang ada dalam list foto binatang (misalnya foto singa) dan paste pada kotak sel F2. Dalam keadaan gambar hasil copy masih terseleksi, di kotak formula ketikan rumus berikut:

=fotoBinatang

Setelah itu tekan Enter.

Mengenai langkah terakhir ini, lebih jelasnya dapat dilihat dalam screenshot di bawah ini.

Cara Membuat Picture Link Excel


Jika semua langkah-langkah yang sudah diuraikan di atas sudah diikuti dengan benar, maka sampai pada tahap ini kita sudah berhasil membuat bagaimana menggunakan fungsi VLOOKUP untuk gambar.

Silahkan diuji hasil latihan kita dengan cara menggonta-ganti nama binatang yang ada di sel E2 dengan "Singa", "Gajah", "Kuda" dan "Harimau".

Kita juga bisa mengganti nama binatang yang diinginkan dengan mudah dan cepat melalui dropdown list jika menambahkan validation list pada sel E2 ("namaBinatang"). Caranya: melalui tab Data → klik Data Validation → masuk ke jendela data validationcriteria: Allow = "list" dan source = "=listBinatang".


Maka hasilnya dapat dilihat dalam gambar gif di bawah ini.



Cara VLOOKUP Gambar Binatang di Excel
Penjelasan cara kerja rumus VLOOKUP untuk Gambar?

Fungsi VLOOKUP dalam pencarian gambar sebenarnya hanya berperan sebagai fungsi pembantu saja, sedangkan fungsi utamanya adalah fungsi INDEX. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mencari nomor index gambar yang dicari. Selanjutnya nomor index gambar digunakan oleh fungsi INDEX untuk mendapatkan alamat referensi range foto / gambar yang dicari.

Oleh karena itu. Pada tabel binatang dan fotonya, pada kolom ke-2 ditampilkan nomor urut binatang. Nomor tersebut harus di susun berurutan dari mulai angka1 sebagai index pertama.

Mari kita lihat kembali rumus yang dijadikan referensi dalam defined name fotoBinatang.

=INDEX(listFotoBinatang,VLOOKUP(namaBinatang,listBinatang,2,0))

Anggaplah kita ingin mencari tahu foto Harimau itu seperti apa sich?

Di sel E2 (nama range = "namaBinatang") ketik "harimau" tanpa tanda kutip

Maka rumus VLOOKUP akan mecari harimau pada kolom ke-1 dalam range A2:B5 (nama range = "listBinatang") dan memberikan output value = 4, yaitu nilai yang terletak pada kolom ke-2 dalam range "listBinatang" yang sejajar dengan value "harimau" di kolom pertama.

Value 4 yang merupakan output dari rumus VLOOKUP, kemudian dijadikan sebagai index row dalam fungsi INDEX, sehingga rumus dapat dituliskan sebagai berikut:

fotoBinatang =INDEX(listFotoBinatang,4)

Rumus INDEX tersebut akan menghasilkan output berupa referensi baris ke-4 dalam range C2:C5 (nama range = “listFotoBinatang”). Dan referensi dimaksud adalah sel C5 yang berisi foto harimau. Sehingga munculah Foto Harimau pada obyek gambar yang menggunakan referensi fotoBinatang.

Pada contoh yang sudah dibahas di atas, kita menggunakan contoh foto binatang sebabah bahan latihan. Dalam pekerjaan sehari-hari mungkin kita bisa menerapkannya untuk VLOOKUP Foto orang, misalnya untuk VLOOKUP Foto Mahasiswa / Pelajar, VLOOKUP Foto Anggota Organisasi dan VLOOKUP Foto Karyawan. Anda juga bisa mencobanya untuk VLOOKUP Foto barang, dan lain sebagainya.

Sampai disini mudah-mudahan pembahasan bagaimana menggunakan rumus VLOOKUP untuk gambar dapat mudah difahami, dan tentu harapannya semoga bermanfaat bagi pembaca semua.  Namun tentu saja penulis tidak luput dari kesalahan. Kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan jika ada menemukan kesalahan baik dalam rumus maupun penjelasan yang kurang tepat dalam artikel ini.

1 comment for "Cara Mudah VLOOKUP Gambar dan Foto di Excel"

Post a Comment